INTERNET

A Brief history of the Computer

Komputer awalnya dibuat hanyalah sebagai alat bantu hitung aritmatika yang dikembangkan oleh Blaise Pascal untuk membantu menghitung pajak. Seorang filsuf Jerman Gottfried Wilhelm Von Leibniz kemudian menciptakan sebuah sistem yang hanya terdiri dari anka 0 dan 1 yang disebut sistem biner. Sistem ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Pada abad 19 Charles Babbage dan Augusta Ada Byron mencoba menciptkan “analitycal engine” untuk membuat mesin perhitungan matematika yang lebih rumit tapi kemudian kedua orang tersebut menyerah pada pembuatan mesin tersebut. Pada tahun 1940 Howard Aiken menciptkan Mark I kemudian beberapa tahun setelahnya  Muncul computer pertama yang disebut ENIAC (electronic Numerial Itegrator And Computer). Pada tahun 1970 PC sudah menggunakan software untuk mengolah kata, data dan bermain game. LAN mulai muncul sehingga menciptkan sebuah hubungan antara computer (networks). Pada tahun 1990 terjadi ledakan pemakaian computer banyak yang melakukan chat, mengunjungi website dan berbelanja online.

Jess 1
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Arts_et_Metiers_Pascaline_dsc03869.jpg

From ARPANET to Internet

ARPANET (advanced Reseacrh Projects Agency Networks) merupakan jaringan computer yang menghubungkan komunikasi antara angkatan bersenjata amerika disaat perang dingin dengan unisoviet. Lan digunakan untuk menghubungan computer-komputer juga dengan menggunakan software. Jaringan computer ini semakin luas hingga tersabung kepada 4 situs yaitu Stanford University,  University of California, Santa Barbara, University of Utah kemudian proyek ini semakin luas.

Jess 2
http://www.let.leidenuniv.nl/history/ivh/chap2.htm

3 tahap perkembangan Internet

Generasi pertama dimulai dengan muculnya WWW (World Wide Web) yang diciptakan di lab fisika di Switzerland. Tim Berners Lee menggunakan hypertext dalam sistemnya. Awalnya software ini diknal dengan nama Enquire tetapi kemudian seiring perkembangan jaman sistem ini lebih dikenal dengan nama WWW. Generasi berikutnya Ialah muncul sebuah browser yang disebut mosaic yang diciptakan oleh National Center for Supercomputing Applications at the University of Illinois at Urbana-Champaign NCSA-UIUC). Awal muncul browser mosaic sangat digandrungi oleh pada pengguna internet tetapi sejak hadirnya Netscape Navigator browser mosaic kemudian ditinggalkan. Generasi ketiga mulailah muncul web seperti google, all vista dan excite. Pada akhir 2003 ada lebih dari 200 juta computer yang terhubung ke internet.

Jess 3
http://www.pickmore.com/which-is-the-first-web-browser-596

Characteristic Of The Internet

  • Global
  • Real-Time
  • Paperless
  • Interaktif
  • Anonim
  •  Publikasi Ulang

Structure And Features Of The Internet

A. Protocol : Protokol merupakan Bahasa yang sama yang dikembangkan oleh programmer computer untuk internet. IP (internet Protocol)/ TCP (Transmission Control Protocol) merupakan semcam alamat pada amplop hal ini akan memberitahu kemana computer akan mengirim pesan. ISP (intrnet Service Protocol) merupakan perusahaan yang memberi akses pada internet pada pelanggan

B. Email : electronic mail adalah surat berbentuk elektronik. Dgunakan untuk mengirim pesan dengan cepat dan biaya yang murah. Email memiliki beberapa kekurangan aitu tidak seformal pesan cetak, tidak teralu private dibanding surat cetak, email memiliki gangguan yang disebut spam

Jess 4
http://www.wiu.edu/email/

C. News Group : Koleksi papan bulletin elektronik, anggota news group memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama.

Jess 5
http://www.internet-soft.com/nntpcom.htm

E. World Wide Web : jaringan informasi yang menggabungkan hypertext yang menghubungkan satu bagian infomasi yang lainnya. Web merupakan bagian dari internet yang berisi berbagai informasi

Jess 7
http://www.bbc.co.uk/guides/z2nbgk7

F. Online Service Providers : Penyedia layanan online memberikan pelanggan dengan informasi ekslusif dan hiburan serta akses ke internet. Terdapat 3 perusahan OSP utama di Amerika yaitu Aol (American Online), Microsoft Network, SBC Yahoo!

Jess 8
https://en.wikipedia.org/wiki/AOL

The Evolving Internet

A. Broadband

Merujuk pada beberapa cara pengkoneksian internet untuk menyebarkan informasi-informasi kepada khalayak secara cepat dibandingkan dengan Conventional Dial-up modems. Masyarakat dapat mengakses broadband melalui modem satelit, kabel modem, maupun digital subscriber line (DSL). Dalam rangka memfasiltasi sinyal yang cepat pada akses internet, maka broadband membuat banyak kemungkinan seperti video secara live, games yang dapat diunduh, dll.

B. Wireless Web

Terdapat 15 ribu laptop dan komputer dengan wireless net access di tahun 2005, seiring dengan 30 ribu telefon selular yang menggunakan perangkat mereka untuk terkoneksi dengan internet. Hal-hal tersebut membuat kemungkina besar untuk memngembangkan WiFi, WiFi menggunakan sinyal radio yang rendah untuk terkoneksi dengan internet secara paralel.

C. Web 2.0

Generasi pertama internet merupakan asal-muasal dimana para pengguna internet dapat menikmati konten, Web 2.0 merupakan tempat dimana pengguna dapat mengoperasikan dan membagkan konten, disisi lain Web 1.0 merupakan web yang statis sedangkan Web 2.0 merupakan web yang bersifat dinamis. Membutuhkan resiko kecil untuk membawa keuntungan yang besar, dalam kasus ini dpat dilihat pada Ficklr.com yang hanya memerlukan 10 orang dalam pengoprasian dan mereka dapat menarik minat berjuta-juta pengunjung.

Monetizing The Web

Merujuk pada relasi popularitas dengan keadaan finansial dan dalam rangka menarik investor untuk memasang iklan pada web.

A. Blog

Blog merupakan singkatan dari website log yang merupakan sebuah jurnal dimana orang-orang dapat menulis mengenai apa yang mereka ingin bagikan, bisa mengenai; berita, pilitik, olahraga, musik, film, maupun lainnya. Blog mempunyai ciri khas yaitu dalam membagikan konten link di dalammnya. Blog merupakan contoh bagaimana internet dapa membuat siapa saja menjadi komunikator media massa.

B. Voice-over-Internet Protocol (VoIP)

VoIP memungkinkan seorang individu dapat memakai panggilan selular menggunakan broadband internet daripada menggunakan jalur telefon tradisional. Ketika sesorang berbicara melalui telefon, maka VoIP akan mengubah suara menjadi sekumpulan sinyal data dan mengirimnya melalui internet, seperti Skype, Free call by Line dan Watsapp

The Economic Of The Internet and The Web

A. E-Commerce

Merupakan pendeskripsian untuk penjualan barang-barang, produk dan servis secara online, dalam E-Commerce terdapat dua macam yaitu; tipe perusahan yang dikenali sebagai penjual barang-barang langsung pada konsumen dan perusahaan yang menjual todak secara langsung pada konsumen. Terdapat 10 juta konsumen melakukan pembelian online setiap minggunya, dan produk-produk yang dibeli paling diminati adalah; travel, komputer, hardware dan software, baju, buku dan musik.

B. Web Site Economic

Merujuk pada bagaimana sebuah web dapat menghasilkan keungan dengan cara yang menarik dan tidak merugikan web itu sendiri.

KELEBIHAN INTERNET

  • Mempunyai kapasitas yang menjangkaui seluruh dunia
  • Pemuatan dan editing bisa dilakukan kapan saja
  • Jadwal terbit bisa setiap waktu dan dimana saja
  • Bersifat Universal
  • Aktual dan Interaktif
  • Terdokumentasi

Implikasi Sosial dari Internet

Implikasi dalam arti di sini merupakan hal yang berhubungan dengan dampak sosial dari internet. Ada berbagai macam implikasi dari internet. Implikasi-implikasi tersebut antara lain.

A. Model baru dari sebuah berita

Sebagai permulaan, internet merupakan fungsi pemantauan atau pengawasan tradisional dari media massa. Seperti yang telah kita ketahui ketika berita acara terjadi, bagian dari berita tersebut yang menarik bisa diunggah dalam blog. Tetapi, blog perlu dipertanyakan terutama dalam hal akurasi berita. Internet juga memiliki fungsi interpretasi. Fungsi interpretasi tersebut dapat dilihat dari dapat dimungkinkannya suatu blog dalam hal tertentu untuk berpadu dengan pendapat seseorang dalam topik berita dan isu kontroversial.

B. Kurangnya gatekeepers

Gatekeepers merupakan orang yang berfungsi menyaring berita yang masuk. Ada beberapa hal yang perlu dikhawatirkan. Pertama, kerja data yang berlebihan menyebabkan pesan sepele dan menyebabkan informasi menjadi tidak penting (hoax). Kedua, tidak berfungsinya gatekeepers di zaman sekarang, di mana informasi sudah sampai ke masyarakat sebelum disaring oleh gatekeepers. Ketiga, ketiadaan gatekeepers menyebabkan tidak adanya sensor. Dapat dianalogikan internet merupakan sebuah kota besar. Dalam kota besar tersebut terdapat banyak jalan di mana sebagian besar keluarga merasa nyaman dan ada jalan lain di mana keluarga tersebut mungkin tidak ingin membawa anak mereka di sana.

Ino 1
http://www.livingfaithchurchwi.org/wp-content/uploads/2016/08/Gatekeeper.jpg

C. Informasi yang Berlebih

Saat ini internet dikunjungi banyak orang terutama pelajar dan mahasiswa dalam mencari informasi. Sayangnya mereka tidak mengetahui apakah informasi tersebut kredibel atau dapat dipercaya. Biasanya mereka menggunakan internet untuk mencari buku referensi atau melihat penelitian bersangkutan dengan yang diinginkan.

D. Masalah Privasi

Privasi bukan masalah baru dalam internet. Kekhawatiran terhadap privasi menjadi wajar dan semakin berkembang. Oleh sebab itu masalah ini berusaha untuk tetap dijaga agar cepat teratasi.

Ino 2
http://hyve.gmcdn.net.s3.amazonaws.com/Privacy.pn

E. Pelarian dan isolasi

Zaman sekarang internet merupakan salah satu pelarian dari hal yang tidak menyenangkan. Banyak orang semakin individualis dan menggunakan internet untuk menghibur diri. Selain itu, hubungan dengan orang menjadi longgar dan lebih banyak mengisolasi diri menggunakan internet ketimbang bergaul tatap muka.

Ino 3
https://veeper.files.wordpress.com/2008/04/internet-macet.jpg

The Evernet

Evernet (lebih dikenal dengan Supranet atau Internet II), merupakan internet yang semakin memermudah manusia baik dalam hal beraktivitas hingga mencari informasi. Evernet dapat menjadi semacam rumah pintar atau dokter pribadi bagi manusia di masa depan. Evernet memang tampak seperti ramalan tentang masa depan namun akan sungguh-sungguh terjadi.

ino
https://www.google.co.id/search?q=privasi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjX5uOPmcLTAhVEPI8KHXiCAuIQ_AUIBigB&biw=1366&bih=662#tbm=isch&q=evernet

Internet dan Web

Internet dan web adalah sesuatu yang sudah tidak asing di telinga kita sebab setiap hari kita menggunakannya. Jika tidak asing di telinga kita tetapi terdengar asing dalam area pekerjaan. Misalkan saja jurnalis online dan pengiklan online. Tidak dapat dipungkiri bahwa prospek kerja di bidang internet dan web terbilang cerah di masa depan. Hal ini semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan internet dan pekerjaan ini semakin dibutuhkan.

Perkembangan Internet di Indonesia

  1. Tahun 1986-1987

Berawal dari tulisan-tulisan awal yang datang dari kegiatan amatir radio khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Dengan “modal” pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430, Harya Sudirapratama, Onno W. Purbo, J. Tjandra Pramudito, Suryono Adisoemarta berguru pada para senior amatir radio seperti Robby Soebiakto, Achmad Zaini, dan Yos. Mereka belajar bersama untuk mempelajari paket radio pada band 40 m yang kemudian didorong ke arah TCP/IP. Mereka yang mulai mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) agar email tersebut dapat tetap berjalan dengan lancar.  BBS merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengaitkan banyak server BBS amatir radio di seluruh dunia, agar email tersebut dapat tetap berjalan dengan lancar.

  1. Tahun 1989-1990

Berawal dari mailing list pertama, yaitu indonesians@janus.berkeley.edu, diskusi- diskusi antarteman mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan di luar negeri. Mailing list ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas internet di Indonesia.

2. Awal 1990-an

Komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan rekan-rekan amatir radio di Indonesia dilakukan melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie-talkie dengan band 2 meter, komunikasi antara Indonesia dengan Kanada terus dilakukan dengan lancar melalui jaringan amatir radio.

3. Tahun 1992-1994

Teknologi paket radio TCO/IP yang diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet. AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang menggunakan IP pertama dikenal dengan nama domain AMPR.org dan IP 44.132. BPPT mengoperasikan gateway tersebut yang bekerja pada band 70 cm dengan menggunakan PC 386 dan OS DOS yang menjalankan program NOS sebagai gateway paket radio TCP/IP

4. Tahun 1994-1995

Di tahun 1994-an, ISP komersial pertama IndoNet mulai beroperasi. Sambungan awal untuk internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet. Akses awal di IndoNet mulanya memakai mode teks dengan shell account, browser Lynx dan e-mail client pine pada server AIX. ISP pertama di Indonesia adalah IPTEKnet yang terhubung ke internet dengan kapasitas bandwidth 64 Kbps.

Ino 4
http://www.ipteknet.go.id/wp-content/uploads/2014/06/logo-ipteknet.jpg

 

4. Tahun 1999-Sekarang

Akhirnya, akses internet Indonesia terus berkembang dengan seiringnya waktu. Indonesia dapat dibilang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sampai sekarang ini. Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), lembaga yang dapat memperkirakan pengguna internet, pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2014 mencapai sekitar 88,1 juta. Angka itu diperkirakan terus meningkat karena diiringi teknologi mobile yang semakin canggih dan juga terjangkau.

PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE di INDONESIA

1. Medio 1990-an: Generasi Pertama

Republika Online (www.republika.co.id) tayang perdana pada 17 Agustus 1994. Berikutnya, pada tahun 1996 awak tempo yang “menganggur” karena majalah mereka dibredel rezim Orde Baru pada 1994 mendirikan tempointeraktif.com (sekarang http://www.tempo.co). Bisnis Indonesia juga meluncurkan situsnya pada tanggal 2 September 1996. Selanjutnya, jauh dari Jakarta, pada 11 Juli 1997, Harian Waspada di Sumatera Utara meluncurkan Waspada Online (www.waspada.co.id). Tak lama setelah Waspada Online, muncul Kompas Online (www.kompas.com) pada 22 Agustus 1997. Mereka adalah generasi pertama media online di Indonesia. Kontennya hanya memindahkan halaman edisi cetak ke internet.

Ino 5

Ino 6
https://en.tempo.co/images/tempo-eng.png http://www.detik.com/dnewgeneration/images/logo1.png

http://www.detik.com diunggah pertamakali pada 9 Juli 1998, didirikan oleh Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman dan Didi Nugrahadi. Detik.com memberikan langgam berita baru ringkas dan to the point. Berita detik.com tidak selalu lengkap dengan unsur 5W + 1H.

2. 2000-2003: Booming Dotcom dan Kejatuhannya

Akhir 1990-an, dunia dilanda booming dotcom. Indonesia tak lepas dari pengaruh gelombang baru ini. Situs-situs lokal bermunculan satu per satu, termasuk situs-situs berita. Beberapa situs berita yang lahir pada era ini antara lain astaga.com, satunet.com, lippostar.com, kopitime.com dan berpolitik.com. Astaga dan satunet dimodali oleh media asing, sementara lippostar adalah milik lippogroup. Sayangnya booming dotcom tidak berlangsung lama, dana dari investor tidak diimbangi oleh pertumbuhan bisnis yang baik dan biaya operasional yang meningkat, dan berakibat banyak situs yang tutup.

Ino 7
https://store.tempo.co/cover/medium/foto/2002/07/16/s_Rk102025.jpg/

3. Setelah 2003: Musim Semi

Setelah mengalami kejatuhan dotcom, tahun 2003 muncul http://www.kapanlagi.com, didirikan oleh Steve Christian dan rekannya dari Australia, setelah itu muncul banyak media online lainnya, tahun 2007 okezone.com diluncurkan, okezone dimiliki oleh MNC grup. Tahun 2008 grup Bakrie juga meluncurkan situs online-nya, yaitu, vivanews.com. Semenjak itu banyak situs-situs berita yang bermunculan, seiring dengan perkembangan web memungkinkan terjadi interaksi antara pembaca di situs mereka, pembaca dapat meninggalkan komentar pada berita tersebut, disediakan pula forum untuk diskusi seperti kompasiana.com.

Ino 8
http://1.bp.blogspot.com/-H9gUV2RLJ80/TcgUZxFbe9I/AAAAAAAABTs/2v4xJLdlAR4/s1600/vivanews.jpg

 

2 respons untuk ‘INTERNET

Tinggalkan komentar